• Welcome Message

    Welcome to the Madhouse...

iklan

banner banner banner
banner banner banner
banner banner banner


Hideo Kojima, alias “Bapak Metal Gear”, memang sosok yang tidak pernah lepas dari kejutan. Mengakhiri petualangan Solid Snake di Guns of the Patriots rupanya tidak berarti menjadikannya sebagai akhir untuk Metal Gear. Pada E3 2009 lalu, Kojima Productions telah kembali mengumumkan kelanjutan pengembangan untuk saga Metal Gear melalui Metal Gear Solid: Rising dan Metal Gear Solid: Peace Walker. MGS: Rising dikuak oleh Kojima sebagai sebuah spin-off dengan Raiden sebagai tokoh utamanya. Tidak hanya membawakan sebuah cerita yang baru, Rising pun disebutkan akan hadir dengan gaya gameplay yang benar-benar baru dalam sejarah pengembangan MGS. Di samping pengembangan dari Rising, Kojima Productions juga memiliki Peace Walker yang merupakan eksklusif Konami untuk PSP. Untuk PSP? PSP selama ini memang cukup akrab sebagai handheld yang tidak asing lagi bagi game-game spin-off dari sejumlah judul besar. Lain hal dari anggapan yang cukup mengecilkan hati semacam itu, anggapan tersebut tampaknya akan berlaku berbeda untuk game ini. Peace Walker bisa dibilang sebagai sebuah game yang istimewa. Bisa dibilang istimewa karena memang dikembangkan eksklusif untuk PSP dengan nilai tambah yang mutlak dari Hideo Kojima sendiri. Tidak bisa disepelekan begitu saja, baru-baru ini sang maestro bahkan menyebut Peace Walker sebagai MGS5 versinya. Sebelumnya, rencana mengembangkan Peace Walker sudah sempat terlintas di benak Kojima ketika tengah merampungkan Portable Ops. Ia sempat mempertimbangkan rencana tersebut untuk diserahkan pada generasi pengembang selanjutnya dari Kojima Productions. Akan tetapi, keputusan tersebut harus ia tarik kembali dengan anggapan bahwa pertimbangannya itu masih terlalu awal untuk ia serahkan kepada para penerusnya.

Nyata halnya bahwa Peace Walker memang akan memiliki pengaruh yang cukup penting terhadap cerita pada saga Metal Gear. Kojima menetapkan setting cerita game ini untuk terjadi di Costa Rica pada tahun 1974, yang mengartikan sepuluh tahun seusai MGS 3: Snake Eater, empat tahun setelah Portable Ops, dan hanya berselang dua tahun setelah proyek Les Enfants Terribles. Sebagai hero untuk MGS kali ini ialah Big Boss alias Naked Snake. Diceritakan bahwa Big Boss bersama dengan “Militaires Sans Frontieres” (sebelum Outer Heaven) harus beraksi mengembalikan kedamaian di negara tanpa pertahanan militer, Costa Rica. Pada pengumuman perdana game ini di E3 2009, sempat diungkapkan bahwa di game kali ini gamers akan berhadapan dengan Metal Gear yang mengudara.

Keterangan mengenai gameplay untuk Peace Walker memang belum banyak tersebar luas. Selain dari keterangan gameplay yang telah diungkapkan oleh Kojima, mungkin sejumlah gamers bisa kembali menyamaratakan genre pada game ini seperti game-game MGS sebelumnya yang bergenre stealth action. Genre mungkin boleh sama, namun Kojima telah menjanjikan sejumlah pengembangan pada gameplay yang akan membuat game ini terkesan lebih istimewa dan segar dengan pengembangan yang belum pernah dilakukan terhadap MGS sebelum-sebelumnya. Dan yang terkesan cukup berpengaruh serta memberikan kesan adanya perubahan yang cukup signifikan dalam hal gameplay pada game ini, seperti yang bisa dilihat pada sejumlah screenshot yang telah beredar, adalah fitur co-op untuk empat pemain. Fitur ini merupakan sesuatu yang segar dimana pada sebelumnya gameplay pada cerita utama game-game MGS memang tidak dapat dimainkan secara co-op. Pada kali ini, mungkin bakal terasa cukup janggal bagi gamers untuk melihat empat Big Boss beraksi dalam satu layar. Apabila gamers telah melihat beberapa screenshot yang tersebar, salah satu dari gambar tersebut memperlihatkan dengan cukup jelas adanya bagian dimana dua orang Snake (Big Boss) bersembunyi di balik satu Cardboard Box berukuran besar. Dengan itu, bisa ditarik kesimpulan bahwa akan ada sejumlah bagian lain yang mungkin akan melibatkan interaksi antar para pemainnya. Fitur co-op ini tentunya tidak lepas dari perkembangan sejumlah game PSP saat ini yang cenderung menekankan fitur multiplayer-nya. Cukup menarik untuk dinantikan bagaimana mekanisme co-op semacam ini akan berlaku terhadap Metal Gear.


Selain co-op multiplayer, fitur custom merupakan salah satu fitur unik yang belum pernah gamers temukan pada game-game MGS terdahulu. Melakukan custom terhadap Naked Snake secara langsung akan turut mempengaruhi bagaimana gaya gamers bermain. Baik bermain dengan gaya stealth khas MGS atau menyerbu dengan gaya Rambo bisa menjadi pilihan yang ditawarkan untuk dapat gamers pilih pada game ini. Pemilihan-pemilihan konfigurasi tertentu akan memegang peranan yang penting. Misalnya, gamers bisa bergerak dengan lebih cepat dan tidak bersuara dengan membawa persenjataan yang lebih sedikit, dan begitupun sebaliknya. Menentukan keputusan untuk itu dan taktik di dalam game ini pun disebutkan akan memegang peranan yang tidak kalah pentingnya. Dan tidak hanya menambahkan fitur custom, Peace Walker juga memasukkan “growth feature” di dalamnya. Fitur tersebut merupakan fitur dimana karakter Snake dapat berkembang atau mengalami “evolusi”. Hal ini merupakan sesuatu yang baru untuk MGS, namun sudah tidak asing pada sejumlah game shooter tertentu dan RPG-RPG.

Karena game ini dirilis setelah MGS4, tentunya gamers bisa menaruh harapan bahwa Kojima Productions akan menambahkan sejumlah fitur serta adaptasi mekanisme gameplay yang dipengaruhi oleh game next-gen tersebut. Gamers mungkin tidak perlu repot-repot berharap banyak untuk kualitas grafis dari game ini yang kurang lebih terlihat memang akan dimaksimalkan untuk PSP, namun juga bisa digolongkan standar kualitas pada saat ini. Akan tetapi, sejumlah pengembangan pada gameplay-nya tentu bisa diharapkan untuk tampil dengan prima dengan mengadaptasi sejumlah elemen unggul pada game-game sebelumnya. Lokasi-lokasi dari game ini akan meliputi setting-setting seperti pantai, hutan tropis, serta bagian perkotaan. Diharapkan pada masing-masing tempat tersebut akan menampilkan detil yang baik dan kedalaman yang mempengaruhi gameplay di dalamnya. Stealth camouflage beserta dengan mekanisme stealth action seperti bersembunyi di balik obyek-obyek tertentu, bergelantungan di bagian tepi jembatan gantung, dan stealth kill merupakan hal-hal yang bisa gamers temukan kembali dalam Peace Walker. Di samping semua itu, ada pula sebuah mekanisme baru dimana gamers dapat melumpuhkan lalu memasangkan suatu item pada musuh, yang akan mengangkat musuh tersebut ke udara dan hal ini sepertinya merupakan bentuk baru dari “menangkap pasukan musuh” seperti yang ada di Portable Ops sebelumnya. Tidak hanya itu, salah satu kabar terbaru pun sempat menyebutkan bahwa skanario pada game ini memiliki fitur replayable. Selain fitur multiplayer yang akan sangat ditonjolkan untuk game ini, hal tersebut tampaknya juga akan memiliki pengaruh untuk nilai lebih pada game ini.

Setelah rilis Dynasty Warriors: Strikeforce beberapa bulan yang lalu, banyak anggapan pro dan kontra yang muncul sekaitan dengan game tersebut. Sejumlah anggapan yang berkembang menyebutkan bahwa fitur “Fury” pada game tersebut membuat game tersebut terkesan aneh dan kurang pas untuk dimasukkan ke dalam sebuah Dynasty Warriors. Dan untuk MGS: Peace Walker ini, cukup terkesan bahwa fitur co-op multiplayer dengan empat orang Big Boss ini pun juga akan menimbulkan pro dan kontra yang berbeda-beda. Akan tetapi, bagaimana keunikan serta pengembangan baru di dalam game ini akan berpengaruh terhadap gameplay tentunya merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. So pasti ini bakalan semakin membuat para penggemarnya penasaran dengan seperti apa jadinya aksi empat Snake dalam satu layar di game ini. Jadi, sabar-sabar dulu deh sampai tahun 2010 mendatang. (LYR)

Categories:

0 Response for the "Preview Game Metal Gear Solid: Peace Walker (PSP)"

Posting Komentar

translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 Install this widget